ENTRY MEETING AUDIT PERSPEKTIF BELANJA SPI UIN ALAUDDIN MAKASSAR TAHUN 2024

Jan 11, 2024

SPI UIN Alauddin – Kamis, 11 Januari 2023 – Dalam upaya terus meningkatkan transparansi dan akuntabilitas keuangan, Satuan Pengawas Internal (SPI) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengadakan Entry Meeting untuk memulai Audit Perspektif Belanja tahun 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua proses pembayaran belanja di universitas telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tahun Anggaran yang diaudit adalah periode 1 Januari 2023 hingga 31 Desember 2023.

Kepala SPI UIN Alauddin Makassar Prof. Dr. Erwin Hafid, Lc., M.Th.I., M.Ed dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Audit ini menjadi langkah awal di tahun 2024 untuk memastikan seluruh aspek belanja telah berjalan dengan baik, serta menjadi persiapan untuk menerima auditor eksternal”.

Audit ini akan mengevaluasi berbagai aspek keuangan, termasuk Belanja Gaji dan Tunjangan; Belanja Barang; Belanja Modal; Belanja Pemeliharaan; Belanja Jasa; dan Belanja Perjalanan Dinas. Pendekatan yang diambil dalam audit ini adalah melalui uji petik belanja, yang memungkinkan tim audit untuk menilai kepatuhan terhadap prosedur dan keefektifan penggunaan anggaran secara lebih efisien dan efektif.

Pengujian melalui uji petik ini dirancang untuk memberikan sampel yang representatif dari berbagai jenis pengeluaran, memungkinkan SPI untuk mengidentifikasi area potensial untuk peningkatan dan memastikan bahwa dana universitas digunakan dengan cara yang paling bertanggung jawab. Dengan fokus pada aspek-aspek penting pengeluaran, SPI berupaya untuk memastikan bahwa semua belanja dilakukan dengan transparansi dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.

Kepala Biro AUPK UIN Alauddin Makassar Drs. H. Suleman, M.Pd menyambut baik kegiatan audit ini. Dalam sambutannya Ia menyampaikan harapan besar agar proses audit dapat dilaksanakan secara profesional sehingga hasilnya dapat menjadi bahan evaluasi dan pengembangan khususnya dalam pengelolaan keuangan di UIN Alauddin Makassar.

Audit ini akan berlangsung selama 10 hari kerja, memberikan kesempatan kepada SPI UIN Alauddin untuk secara mendalam menganalisis dan mengevaluasi proses pembayaran belanja universitas. Melalui kegiatan ini, UIN Alauddin Makassar berkomitmen untuk terus meningkatkan pengelolaan keuangannya, memastikan bahwa setiap aspek pengeluaran telah dilaksanakan dengan integritas dan akuntabilitas yang tinggi.

spi_admin

spi_admin

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × five =