Teknik Verifikasi Bukti Transaksi

Oct 31, 2016

*Ahmad Zainuddin

Bukti transaksi adalah dokumen yang digunakan sebagai keterangan atau landasan keyakinan kebenaran terhadap kegiatan yang merubah posisi keuangan suatu entitas dan pencatatannya. Bukti-bukti ini sah secara hukum sebagai tanda terjadinya transaksi. Bukti audit (audit evidence) mendukung laporan keuangan yang terdiri dari data akuntansi dan semua informasi penguat yang tersedia bagi auditor.

Ukuran keabsahan (validity) bukti tersebut untuk tujuan audit tergantung pada pertimbangan auditor independen; dalam hal ini bukti audit berbeda dengan bukti hukum (legal evidence) yang diatur secara tegas oleh peraturan perundang-undangan.

Verifikasi adalah salah satu bentuk pengawasan melalui pengujian terhadap dokumen keuangan secara administratif dengan pedoman dan kriteria yang berlaku. Tujuan verifikasi adalah:

  1. Mencegah terjadinya penyimpangan yang dapat merugikan Negara
  2. Adanya kebenaran formal dan substantif serta kelengkapan dokumen yang dikirimkan ke Kantor Pelayanan dan Kas Negara
  3. Mengetahui apakah peraturan perundang-undangan yang berlaku telah ditaati oleh satuan kerja

Ruang lingkup verifikasi mencakup aspek-aspek berikut.

  1. Aspek ketersediaan dana

Apakah pengeluaran tersebut tersedia dalam jumlah yang mencukupi dalam dokumen pelaksanaan anggaran.

  1. Aspek ketepatan tujuan pengeluaran
  2. Apakah tujuan pengeluaran dalam dokumen sesuai dengan dalam kontrak/surat perjanjian kerja
  3. Apakah tujuan pengeluaran dalam kontrak/surat perjanjian kerja sesuai dengan dalam dokumen pelaksanaan anggaran
  4. Apakah volume dan jenis pekerjaan/barang dalam dokumen pengeluaran sesuai dengan dalam dokumen pelaksanaan anggaran.
  5. Aspek kebenaran pembebanan anggaran

Apakah pembebanan anggaran dalam dokumen telah sesuai dengan dokumen pelaksanaan anggaran

  1. Aspek kebenaran tagihan

Menyangkut dipenuhinya persyaratan tanda bukti pengeluaran, prosedur pengadaan, perhitungan, tarif, potongan.

  1. Aspek kelengkapan bukti pengeluaran dan dokumen pendukungnya.

Pelaksanaan Verifikasi

  1. Verifikasi ketersediaan dana

Dengan mengecek pengeluaran dengan dana tersedia dalam dokumen pelaksanaan anggaran

  1. Verifikasi ketepatan tujuan

Dengan mengecek kesesuaian tujuan pengeluaran dalam dokumen dengan yang tercantum dalam dokumen pelaksanaan anggaran

  1. Verifikasi kebenaran pembebanan anggaran

Dengan mengecek pembebanan anggaran dalam dokumen pengeluaran apakah sesuai dengan dokumen pelaksanaan anggaran

  1. Verifikasi kebenaran tagihan

Melalui pengecekan atas kebenaran pengisian, perhitungan dan prosedur pengadaan barang/jasa dari dokumen pengeluaran

Verifikasi kelengkapan bukti pengeluara

spi_admin

spi_admin

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + eighteen =