KEPALA SPI UIN JAKARTA: MEMBANGUN SPI DIMULAI DARI PENYUSUNAN PETA RISIKO DAN PKPT

KEPALA SPI UIN JAKARTA: MEMBANGUN SPI DIMULAI DARI PENYUSUNAN PETA RISIKO DAN PKPT

*Syarif SM

Dalam rangka peningkatan kompetensi SDM Pemeriksa SPI, Rektor mengutus Sekretaris SPI, Dr. Murtiadi Awaluddin, SE., M.Si. untuk melakukan kunjungan konsultasi dan koordinasi pada SPI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pada kesempatan tersebut, sekretaris didampingi oleh pemeriksa SPI, Syarif Syahrir Malle, SE., M.Si. Kegiatan ini bertujuan melakukan penyamaan persepsi mengenai pelaksanaan Audit Operasional Berbasis e-SMS dan Teknik Penyusunan Peta Risiko dan Program Kerja Pemeriksaan Tahunan (PKPT) SPI.

Agenda tersebut terlaksana selama 2 hari, yakni Kamis dan Jumat, tanggal 21 dan 22 November 2019. Tim diterima di ruangan meeting SPI  oleh Kepala SPI UIN Jakarta, Drs. Abdul Hamid Cebba, MBA., Ak., CP., CPA. beserta Sekretaris dan segenap tim SPI UIN Jakarta. Dalam sambutan penerimaannya, beliau menjelaskan bahwa saat ini, SPI UIN Jakarta telah melakukan Audit Operasional berbasis e-SMS dengan Fakultas Syariah dan Hukum sebagai pilot project.

Selain itu, beliau juga menekankan pentingnya sebuah peta risiko dan PKPT sebagai panduan pelaksanaan kerja SPI agar lebih efektif, terencana, dan terkoordinasi dengan baik. Yang menarik karena dalam kegiatan ini, tim SPI UIN Makassar sekaligus bersilaturahmi dengan tim SPI UIN Mataram yang juga memiliki agenda yang sama di SPI Jakarta.

“Seluruh SPI sebenarnya sudah harus itu memiliki peta risiko dan PKPT yang terstandar, kalau tidak ada gimana caranya kita bisa lakukan tugas-tugas SPI, bisa ngawur kerjanya… Jadi saya berharap SPI Makassar harus action dan serius menyusunnya”

Pada hari kedua, tim mendapatkan materi tambahan dari setiap koordinator divisi mengenai teknik Reviu Laporan Keuangan, Teknik Penyusunan LHP, dan Audit Pengadaan Barang dan Jasa. Dari pemaparan tersebut diperoleh beberapa tambahan ilmu dan pengetahuan baru mengenai aspek pemeriksaan SPI. Selain itu, rombongan menyempatkan juga bertatap muka dengan Manajer Wisma Syahida Inn, Adi Cahyadi. Dari diskusi hangat, beliau menjelaskan prospek bisnis UIN Jakarta, khususnya dari sektor penginapan dan meeting room yang dimilik Syahida Inn.

Dokumentasi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *