SPI PKTJ TEGAL KEMENTERIAN PERHUBUNGAN LAKUKAN STUDI BANDING KE SPI UIN MAKASSAR

SPI PKTJ TEGAL KEMENTERIAN PERHUBUNGAN LAKUKAN STUDI BANDING KE SPI UIN MAKASSAR

*Syarif SM

Selama 2 hari, yakni selasa (9 April) dan Kamis (11 April) 2019, Tim dari Satuan Pemeriksaan Intern (SPI) Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Kabupaten Tegal di bawah naungan Kementerian Perhubungan melakukan kunjungan studi banding pada Satuan Pengawasan Internal (SPI) UIN Alauddin Makassar. Rombongan terdiri dari 5 orang, dipimpin oleh Kepala SPI PKTJ, Sutardjo, S.H., M.H. serta Sekretaris Ir. Didik Prasetyo, M.Si., dan 2 orang anggota SPI. Turut serta mendampingi mereka, Kepala Bagian Keuangan, Umum, dan Kerjasama, Yok Suproto, ST., M.Sc.

Pada kesempatan tersebut, rombongan diterima langsung oleh Wakil Rektor II di ruang kerjanya. Ketua SPI PKTJ dalam sambutan pembukanya menyampaikan, alasan melakukan studi banding ini untuk menambah wawasan dan memperkuat kelembagaan mereka dalam rangka optimalisasi status Badan Layanan Umum (BLU) yang dimana konsekuensi mengikatnya yakni mengharuskan mereka merancang sistem implementasi dan pengawasan remunerasi dan mereka memandang SPI UIN Makassar layak dipilih sebagai branstorming karena telah lebih dulu membangun sistem Remunerasi dan berjalan optimal hingga saat ini. Sedangkan Prof. Dr. H. Lomba Sultan, M.A. selaku Warek II dalam sambutan penerimaannya, merasa bersyukur SPI UIN Alauddin Makassar menjadi pilihan dalam rangka tujuan studi banding, mengingat terdapat kampus yang memiliki SPI yang secara lokasi jaraknya berdekatan dari Kabupaten Tegal.

Hari pertama (09/04/19) studi banding, tim Kepala SPI UIN Makassar menyajikan presentasi terkait profil SPI, sejarah pembetukan, tugas dan fungsi, hingga detail teknis kasus pada pemeriksaan yang dilakukan di lapangan oleh tim Auditor. Hal ini dimanfaatkan untuk sharing pendapat antar kedua SPI. Sedangkan pada hari kedua (11/04/19) Tim SPI PKTJ didampingi dalam rangka mengunjungi kantor Pusat Pengembangan Bisnis (P2B) serta mengunjungi unit-unit bisnis yang dikelola, diantaranya kantin, dormitory, asrama mahasiswa, dan Hotel Sultan Alauddin yang berada di Kampus 1.

“Pusat bisnis inilah titik sentral dalam rangka “menghidupi” keberlanjutan remunerasi, jadi tugas SPI memastikan dan mengawasi P2B untuk optimalisasi penerimaan PNBP UINAM”, ujar Syarif SM saat mewakili SPI pada meeting bersama jajaran P2B dan SPI PKTJ Tegal.

 

Dokumentasi Kegiatan (Sesi Pembukaan)

 

Dokumentasi (Hari pertama)

 

Dokumentasi (hari kedua)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *