SPI LAKUKAN PELATIHAN PENGELOAAN KEUANGAN BAGI SELURUH LEMBAGA KEMAHASISWAAN

SPI LAKUKAN PELATIHAN PENGELOAAN KEUANGAN BAGI SELURUH LEMBAGA KEMAHASISWAAN

*Ahmad Zainuddin

Selasa, 19 Februari 2019 bertempat di Gedung Rektorat Lantai 4, Satuan Pengawasan Internal (SPI) UIN Alauddin Makassar mengadakan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Keuangan kepada seluruh Lembaga Mahasiswa internal UIN Alauddin Makassar. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para sekretaris dan bendahara HMJ, SEMA dan DEMA Fakultas, SEMA dan DEMA Universitas serta UKM lingkup UIN Alauddin Makassar.

Kegiatan yang berlangsung di pagi hingga siang hari ini dihadiri pula oleh Kepala SPI Dr. Hj. Salmah Said, S.E., M.Fin Mgmt., M.Si., PIA, dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. Siti Aisyah., M.A., Ph.D.. Dalam sambutannya, Kepala SPI menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pendampingan kepada seluruh unit yang ada di UIN Alauddin, termasuk lembaga kemahasiswaan karena dalam menjalankan program kerja, lembaga kemahasiswaan menggunakan anggaran Negara sehingga segala penggunaan uang di dalamnya wajib dipertanggungjawabkan. Beliau menambahkan, kegiatan serupa pernah dilaksanakan pada tahun 2017. Sedangkan pada tahun 2018, SPI tidak mengadakan kegiatan seperti ini namun diundang sebagai narasumber oleh beberapa HMJ dan DEMA dalam kegiatan diskusi mengenai pengelolaan keuangan lembaga mahasiswa.

Kegiatan ini dibuka dengan resmi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan. Beliau mengapresiasi inisiatif SPI melakukan kegiatan pendampingan tersebut, karena menurutnya pertanggungjawaban kegiatan lembaga mahasiswa harus dilaporkan secara transparan dan akuntabel. Pemateri dalam kegiatan ini adalah Sumarlin, S.E., M.Ak yang merupakan Sekretaris SPI UIN Alauddin dan dipandu olah salah satu tim SPI sebagai moderator. Beliau menjelaskan tentang aspek pengelolaan keuangan, prinsip pengelolaan keuangan lembaga mahasiswa, hingga proses pencairan dan pelaporan kegiatan. Di sesi tanya jawab, terlihat antusiasme para peserta dalam mengajukan berbagai pertanyaan terkait penyusunan pengelolaan keuangan dan kondisi yang terjadi di lembaga masing-masing.

Kegiatan berakhir pada pukul 12.00 siang. Di akhir acara, moderator menyampaikan bahwa SPI akan terus melakukan pendampingan dalam hal-hal yang terkait dengan laporan pertanggungjawaban dan disilakan kepada rekan-rekan pengurus lembaga mahasiswa untuk berkunjung ke ruang kerja SPI jika ingin berkonsultasi.

 

DOKUMENTASI KEGIATAN:

  

   

    

    

    

 

LAMPIRAN:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *