TINGKATKAN KOMPETENSI, SPI MENGUTUS AUDITORNYA MENGIKUTI DIKLAT DASAR-DASAR AUDIT DAN PENGELOLAAN TUGAS-TUGAS AUDIT PPA&K

TINGKATKAN KOMPETENSI, SPI MENGUTUS AUDITORNYA MENGIKUTI DIKLAT DASAR-DASAR AUDIT DAN PENGELOLAAN TUGAS-TUGAS AUDIT PPA&K

*Ahmad Zainuddin

Standar Internasional Praktik Profesional Audit Internal The Institute of Internal Auditors (IIA) 1200 tentang Kecakapan dan Kecermatan Profesional mengharuskan Auditor Internal memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi lain yang dibutuhkan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Aktivitas audit internal, secara  kolektif, harus memiliki atau memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi lain yang dibutuhkan untuk melaksanakan tanggung jawabnya. Kemudian diperjelas pada standar 1230 tentang Pengembangan Profesional Berkelanjutan dimana Auditor Internal harus meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi lainnya melalui pengembangan profesional yang berkelanjutan.

Atas dasar itu, Satuan Pengawasan Internal (SPI) UIN Alauddin Makassar kembali mengirimkan auditornya mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) Dasar-Dasar Audit yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Akuntansi dan Keuangan (PPA&K). Kegiatan ini berlangsung selama 11 hari pada tanggal 17-27 September 2018 di Hotel Bukit Indah, Puncak, Cianjur-Jawa Barat. Materi-materi yang didapatkan antara lain pengantar/dasar audit, sistem pengendalian manajemen, teknik audit, program audit, persiapan dan pelaksanaan audit, kertas kerja audit, hingga laporan hasil audit. Selain itu diisi juga dengan diskusi dan studi kasus, serta ujian tahap I dan II. Adapun para peserta diklat dasar-dasar audit ini adalah para internal auditor dari berbagai instansi antara lain dari perbankan, rumah sakit, BUMN, perusahaan swasta, hingga perguruan tinggi termasuk UIN Alauddin Makassar.

Ke depan, SPI UIN Alauddin Makassar akan terus mengikutkan para auditornya dalam berbagai pelatihan, agar memiliki pengetahuan yang memadai dalam menjalankan tugas-tugas audit demi tercapainya tata kelola universitas yang baik.

DOKUMENTASI KEGIATAN

   

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *