PERKUAT EFEKTIVITAS KERJA, TIM SPI UIN JOGJAKARTA LAKUKAN STUDI BANDING KE SPI UIN MAKASSAR

PERKUAT EFEKTIVITAS KERJA, TIM SPI UIN JOGJAKARTA LAKUKAN STUDI BANDING KE SPI UIN MAKASSAR

*Syarif SM

Selasa, 31 Juli 2018, Satuan Pengawasan Internal (SPI) UIN Alauddin Makassar menerima kunjungan studi banding dari Satuan Pengawasan Internal (SPI) UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta. Studi banding dalam rangka pengembangan, penyempurnaan, dan peningkatan efektivitas kerja tim SPI tersebut dipimpin langsung kepala SPI UIN Jogjakarta, Dr. Budi Ruhiatudin, S.H., M.Hum. didampingi sekretaris Dr. Sriharini, S.Ag., M.Si. dan 8 orang tim pemeriksa. Rombongan tiba di Bandara Sultan Hasanuddin pukul 13.00 WITA dan langsung menuju ke Samata, Kab. Gowa. Kehadiran tim SPI UIN Jogjakarta disambut hangat oleh Kepala Biro AUPK, Drs. Alwan Suban, M.Ag. yg mewakili Rektor, serta segenap tim SPI UIN Alauddin Makassar.

Dalam diskusi dan sharing knowledge yang dilaksanakan di ruang kerja SPI, Tim SPI UIN Jogjakarta menguraikan perihal dinamika kerja dan perkembangan peran dan fungsi SPI di UIN Jogjakarta. Pak Budi dalam kesempatan tersebut juga memuji inovasi dan kreativitas sistem pemeriksaan terintegrasi yang dirancang SPI UIN Makassar dalam 2 tahun terakhir dalam bentuk aplikasi online: e-IKU (audit kinerja SDM), e-SOP (audit kinerja SDM), e-BKU (monev keuangan), dan e-Post Audit (audit kepatuhan). Lebih lanjut, mereka menyatakan siap bertukar informasi dan berbagi pengalaman guna meningkatkan mutu pemeriksaan dan kapasitas tim pemeriksa SPI.

Selaras dengan Jogja, Kepala SPI UIN Makassar, Dr. Hj. Salmah Said, SE., M.Fin Mgmt., M.Si. PIA  juga mengajak semua pihak untuk sama-sama memajukan peran SPI dalam upaya mewujudkan tata kelola perguruan tinggi yang berkinerja

“Kita semua mendambakan universitas yang baik tata kelolanya dan berkinerja para civitas di dalamnya, maka tentu langkah awalnya kita harus rancang sistemnya. Nah SPI harus hadir disitu, kalau belum jalan kita inisiatif memulai. Awal-awal kita dampingi unit kerja, nanti jika  sistem sudah setel SPI tinggal supervisi dan memeriksa”, ujar beliau

Acara ditutup dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama seluruh personil SPI Makassar dan Jogjakarta dengan latar gedung rektorat UIN Alauddin Makassar.

  

    

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *