SOSIALISASI DAN PELATIHAN TATA PERSURATAN, SPI KIRIM PERWAKILAN SATU ORANG PEMERIKSA

SOSIALISASI DAN PELATIHAN TATA PERSURATAN, SPI KIRIM PERWAKILAN SATU ORANG PEMERIKSA

*Syarif SM

Bagian Umum UIN Alauddin Makassar menggagas pelatihan internal mengenai tata persuratan bagi para Kabag dan Kasubag serta Staf bagian umum Fakultas, Lembaga, dan Unit. Pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Rektor UIN Alaudin Makassar, Prof. Dr. Musafir, M.Si.,  digelar selama 2 hari, tanggal 18 s.d. 19 Juli 2018 bertempat di Ruang Pertemuan Rektorat lt. 1. Ketua panitia yang juga Kepala Bagian Umum, Drs Fatahuddin M.M. mengatakan bahwa pelatihan tata persuratan ini bertujuan untuk menciptakan keseragaman dalam pola umum penyelenggaraan tata persuratan, serta mewujudkan tata kearsipan yang berdaya guna dan berhasil guna dalam pelaksanaan tugas-tugas kedinasan.

Perwakilan SPI pada kegiatan tersebut, Syarif Syahrir M. menilai kegiatan itu cukup baik sebagai wadah sosialisasi regulasi terbaru  KMA NOMOR 9 TAHUN 2016 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas pada Kementerian Agama. Selain itu, materi tentang pengarsipan yang dibawakan oleh Narasumber dari Kantor Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Prov. Sulawesi Selatan juga penting untuk penyegaran bagi staf teknis tata usaha yang setiap hari disibukkan dengan aktivitas administrasi dan pengarsipan berkas.

Rekomendasi yang disepakati seluruh peserta, antara lain:

1.  Pimpinan agar menerbitkan edaran implementasi KMA Nomor 9 Tahun 2016 pada lingkup UIN Alauddin Makassar

2. Agar disediakan gedung khusus pusat pengarsipan berkas

3. Agar ada penambahan staf yang membantu tugas JFT arsiparis, yang saat ini hanya satu orang melingkupi satu Universitas

 

“Kegiatan ini memberi nilai tambah tata kelola administrasi khususnya persuratan dan pengarsipan di UIN Alauddin Makassar. Semoga pimpinan merespon rekomendasi yang dihasilkan dari kegiatan ini. Sehingga ada hasil yang terlihat dari pelatihan yang kita ikuti hari ini” ujar Syarif.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *