ADAKAN PELATIHAN AUDITOR, SPI IAIN BONE UNDANG SPI UINAM MENJADI NARASUMBER

ADAKAN PELATIHAN AUDITOR, SPI IAIN BONE UNDANG SPI UINAM MENJADI NARASUMBER

*Ahmad Zainuddin

Pada hari Senin 16 April 2018 tim Satuan Pengawasan Internal (SPI) UIN Alauddin Makassar berkunjung ke kampus IAIN Bone. Kunjungan ini dalam rangka memenuhi undangan SPI IAIN Bone yang mengadakan kegiatan Pelatihan Tenaga Auditor. Agenda ini merupakan tindak lanjut dari rencana yang dibuat pada pertengahan Maret bulan lalu dimana tim SPI IAIN Bone berkunjung ke UIN Alauddin Makassar dalam rangka silaturahmi dan meminta kesediaan tim SPI UINAM menjadi narasumber dalam kegiatan yang akan dilakukan.

Kegiatan ini merupakan langkah awal yang dilakukan SPI IAIN Bone untuk mengenalkan tugas, fungsi, wewenang serta kedudukan SPI IAIN Bone kepada seluruh civitas akademik IAIN Bone.  Adapun peserta pada kegiatan ini adalah seluruh tim SPI IAIN Bone, Kabag, Kasubag, Kaprodi , Sekprodi serta dosen dan pegawai lingkup IAIN Bone. Kegiatan ini diawali dengan sambutan Kepala SPI IAIN Bone lalu  dibuka oleh Wakil Rektor IAIN Bone. Adapun tim SPI UINAM yang diutus untuk menjadi narasumber kegiatan tersebut adalah Kepala SPI UINAM, Dr. Hj. Salmah Said, S.E., M.Fin Mgmt., M.Si., PIA, dan dua orang auditor SPI UINAM yaitu Suhartono S.E., M.Si dan Ahmad Zainuddin, S.E.

Pada sesi pertama (pagi-siang hari), dihadapan seluruh peserta, Kepala SPI UINAM beserta tim membawakan materi tentang Konsep Dasar Audit Internal dan sejarah-perkembangan forum SPI Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) serta  pentingnya menyusun laporan pertanggungjawaban (LPJ) kegiatan serta format penyusunan LPJ. Sedangkan pada sesi kedua (siang-sore hari) merupakan sesi khusus untuk tim SPI IAIN Bone. Pada sesi ini, tim auditor SPI UINAM menjelaskan tentang teknik dan prosedur audit, pemeriksaan laporan kegiatan hingga membuat kertas kerja dan laporan hasil audit.

Pada kesepatan ini, antusiasme peserta kegiatan dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para peserta. Mayoritas peserta kegiatan belum mengetahui aturan-aturan keuangan serta format laporan pertanggungjawaban kegiatan sehingga masih terdapat pelaksana kegiatan yang belum menyetorkan LPJ kegiatan apabila kegiatan telah selesai dilaksanakan.

Dokumentasi Kegiatan:

  

  

Bukti Pelaksanaan Kegiatan:

Daftar Hadir Peserta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *