SOSIALISASI HASIL PEMERIKSAAN LKP PEGAWAI BULAN JANUARI 2018

SOSIALISASI HASIL PEMERIKSAAN LKP PEGAWAI BULAN JANUARI 2018

*Syamsuddin

Beberapa waktu lalu, tepatnya mulai tanggal 14 Maret 2018 s/d 23 Maret 2018, tim Satuan Pengawasan Internal (SPI) melakukan kunjungan ke semua Fakultas dan unit lingkup UIN Alauddin Makassar. Kunjungan yang dilakukan ini bertujuan untuk mengkomunikasikan hasil pemeriksaan termasuk rekomendasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan guna melakukan perbaikan. Adapun lingkup pemeriksaan yaitu Data Amprah P2, Inputan Laporan Kinerja Pegawai (LKP Online), dan absensi pegawai.

Tujuan pemeriksaan yang dilakukan oleh SPI yaitu untuk memastikan data amprah P2 Remunerasi sudah sesuai  ketentuan, memastikan inputan pada laporan sudah sesuai dengan apa yang telah dilakukan oleh pegawai, dan juga memastikan absensi dan laporan kinerja pegawai sudah sesuai.

Penyampaian hasil pemeriksaan ini diawali di Pascasarjana pada hari Rabu tanggal 14 Maret 2018 dimana di Pascasarjana tim SPI diterima dan berdiskusi bersama KTU, Kasubag TU, serta para pegawai yang sempat hadir. Topik dan peserta yang sama juga dibicarakan di Fakultas dan unit lain di lingkup UIN Alauddin Makasar. Selain itu, tim SPI berkunjung ke Kopertais Wilayah VIII dimana tim ditemu langsung oleh Kasubag Bina Pertais dan seluruh pegawai yang ada pada Kopertais Wilayah VIII. Sedangkan di lingkup rektorat, tim SPI menyampaiakn hasil pemeriksaan LKP Januari 2018 di ruang rapat senat Lantai 4 Gedung Rektorat, yang dihadiri oleh Biro AUPK, para Kepala Bagian lingkup rektorat dan  semua staf pegawai lingkup rektorat.

Tim SPI yang melakukan penyampaian hasil pemeriksaan ini dipimpin oleh Dr. Salmah Said, S.E., M.Fin Mgmt., M.Si selaku Ketua SPI dan didampingi beberapa anggota tim disesuaikan dengan penanggung jawab masing-masing unit/fakultas. Beberapa hal disampaikan pada pertemuan ini, diantaranya:

  1. Terdapat Pegawai yang tidak melakukan pengisian Laporan Kinerja Pegawai (LKP Online) sama sekali.
  2. Terdapat Pegawai yang yang tidak melakukan pengisian deskripsi LKP Online.
  3. Masih terdapat kesalahan dalam penginputan LKP, dimana terdapat pegawai yang menginput kinerja pada hari libur/tanggal merah.
  4. Masih terdapat pegawai yang meginput LKP mengikuti Upacara bendera, sedangkan Upacara bendera masuk dalam perhitungan Remunerasi P1.
  5. Masih terdapat pegawai yang menginput kegiatan/aktivitas sesuai dengan SOP namun yang bersangkutan tidak berada ditempat (Status Izin, Sakit, dan Alfa)
  6. Terdapat kesalahan dalam penempatan Laporan Kinerja Harian (LKH) tidak sesuai dengan SOP sehingga waktu yang digunakan tidak seusai penetapan waktu pada SOP.
  7. Masih terdapat inputan LKP yang tidak diverifikasi oleh atasan langsung.
  8. Terdapat pegawai yang menginput LKH tidak jelas (Tahapan SOP tidak sama dengan deskripsi aktivitas).
  9. Terdapat penginputan LKP dimana tidak diketahi kegiatan apa yang dilakukan sehingga waktu dan kuantitas yang digunakan tidak jelas.
  10. Terdapat kesalahan dalam penginputan LKP Tambahan pegawai, dimana pengisian dilakukan berkali-kali (doble input).
  11. Terdapat kesalahan daam memasukkan kegiatan tambahan yang sifatnya OK dimasukkan ke OB.
  12. Terdapat pegawai yang menginput laporan tugas tambahan namun tidak ada deskripsi yang jelas dan tidak diengkapi dengan bukti pendukung.
  13. Terdapat pegawai yang melakukan validasi rencana dan laporan kinerja pegawai yang seharusnya dilakukan oleh atasan yang bersangkutan.
  14. Terdapat kesalahan dalam penginputan laporan kinerja tambahan pegawai dimana kinerja tambahan yang dilaporakan tidak diakomodir dalam skema remunerasi yaitu SK Tahun 2017.
  15. Masih terdapat pegawai yang capaian kinerja kurang dari 25% sebagai salah satu dasar pengukuran kinerja pegawai yaitu dari 571 pegawai terdapat 9 pegawai yang nilai capaian LKP kurang dari 25%.
  16. Masih terdapat pegawai yang nilai kehadirannya di bawah 50% yaitu sebanyak 25 orang dimana kehadiran ini akan sangat berpengaruh pada nilai capaian LKP.

Terdapat atasan yang tidak melakukan penilaian indeks keprilakuan pegawai kepada staf dibawahnya sehingga capaian IKP pegawai tersebut menjadi kosong (nol).

Lampiran bukti pelaksanaan kegiatan:

Undangan dan Daftar Hadir Peserta Sosialisasi

Dokumentasi Kegiatan:

   

    

Sosialisasi untuk pegawai lingkup Rektorat

 

Sosialisasi untuk Pegawai UPT Perpustakaan dan Pusat Bahasa

 

Sosialisasi untuk Pegawai Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat(LP2M)

 

   

Kegiatan sosialisasi di Kopertais Wil. VIII

 

     

    

    

   

    

    

     

     

Sosialisasi di 8 Fakultas oleh Kepala SPI yang didampingi beberapa anggota tim disesuaikan dengan penanggung jawab masing-masing unit/fakultas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *