SPI Adakan Pelatihan Penyusunan LPJ Lembaga Mahasiswa

SPI Adakan Pelatihan Penyusunan LPJ Lembaga Mahasiswa

Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) kegiatan merupakan dokumen tertulis yang dibuat untuk menggambarkan seluruh pelaksanaan kegiatan. Penggunaan anggaranpun harus jelas tertuang dalam LPJ tersebut. Tujuannya tentu untuk memberikan informasi tentang pelaksanaan kegiatan & keluar masuknya kas. Jadi tugas panitia tidak hanya sampai pada pelaksanaan kegiatan saja, tetapi juga ada keharusan membuat LPJ

 

LPJ yang dibuat haruslah rapi dan menggambarkan keseluruhan pelaksanaan kegiatan dengan jelas. Atas dasar itulah pada hari Jumat, 08 September 2017 di Gedung Rektorat Lantai 4, Satuan Pemeriksa Internal (SPI) UIN Alauddin Makassar (UINAM) mengadakan Pelatihan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan Lembaga Mahasiswa lingkup UIN Alauddin Makassar. SPI adalah unit kerja internal UIN Alauddin Makassar yang berkedudukan langsung di bawah Rektor dan melakukan pengawasan terhadap tata kelola universitas khususnya dari aspek non-akademik. Sasaran kegiatan ini adalah Sekretaris dan Bendahara seluruh lembaga mahasiswa internal kampus UINAM yaitu Dewan Mahasiswa (DEMA), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

 

Kegiatan yang berlangsung di siang hari tersebut dihadiri dan dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran & Ilmu Kesehatan (FKIK) Prof. Dr. Mukhtar Luthfi atas mandat dari Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Alauddin. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa kegiatan seperti ini diperlukan untuk memberi pemahaman kepada para pengurus lembaga dalam mengelola dan mempertanggungjawabkan anggaran yang telah diberikan. Menurutnya, LPJ lembaga mahasiswa harus dibuat dengan hati-hati, sebab pertanggungjawabannya tidak hanya kepada Fakultas & Universitas, tetapi juga kelak dipertanggungjawabkan kepada Allah swt. Sedangkan menurut Sekretaris SPI UINAM, Sumarlin S.E., M.Ak penyusunan LPJ harus mencerminkan kondisi riil pelaksanaan kegiatan, termasuk jumlah anggaran yang dikelola harus dilaporkan secara transparan.

 

Kegiatan berakhir pada pukul 16.30 sore. Ke depan, Tim SPI akan terus melakukan pendampingan dan memberikan konsultasi kepada rekan-rekan pengurus lembaga mahasiswa dalam hal-hal yang terkait dengan laporan pertanggungjawaban.

IMG_1225 IMG_1196 IMG_1192 IMG_1127 IMG_1161

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *