Penyamaan Persepsi Bobot IKU Gabungan PK BLU – Dirjen Pendis

Penyamaan Persepsi Bobot IKU Gabungan PK BLU – Dirjen Pendis

*Nono P. Macca

Makassar – dalam rangka pengukuran dan peningkatan kinerja serta lebih meningkatnya akuntabilitas kinerja, maka UIN Alauddin Makassar menetapkan Indikator Kinerja Utama (IKU). IKU (Key Performance Indicator) adalah ukuran keberhasilan dari suatu tujuan dan sasaran strategis organisasi. IKU tersebut merupakan kontrak yang diperjanjikan antara Rektor UIN Alauddin Makassar dengan PK BLU dan Dirjen Pendis. Tujuan Penetapan Indikator Kinerja Utama yaitu:

  1. Untuk memperoleh informasi kinerja yang penting dan diperlukan dalam menyelenggarakan manajemen kinerja secara baik;
  2. Untuk memperoleh ukuran keberhasilan dari pencapaian suatu tujuan dan sasaran strategis organisasi yang digunakan untuk perbaikan kinerja dan peningkatan akuntabilitas kinerja.

Jenis-Jenis Indikator Kinerja yaitu:

  1. Indikator Input: gambaran mengenai sumberdaya yang digunakan untuk menghasilkan output dan outcome (kuantitas, kualitas, dan kehematan)
  2. Indikator Process: gambaran mengenai langkah-langkah yang dilaksanakan dalam menghasilkan barang atau jasa (frekuensi proses, ketaatan terhadap jadwal, dan ketaatan terhadap ketentuan/standar).
  3. Indikator Output: gambaran mengenai output dalam bentuk barang atau jasa yang dihasilkan dari suatu kegiatan (kuantitas, kualitas, dan efisiensi)
  4. Indikator Outcome: gambaran mengenai hasil aktual atau yang diharapkan dari barang atau jasa yang dihasilkan (peningkatan kuantitas, perbaikan proses, peningkatan efisiensi, peningkatan kualitas, perubahan perilaku, peningkatan efektivitas, dan peningkatan pendapatan)
  5. Indikator Dampak: gambaran mengenai akibat langsung atau tidak langsung dari tercapainya tujuan. Indikator dampak adalah indikator outcome pada tingkat yang lebih tinggi hingga ultimate.

Berdasarkan surat undangan dari Bapak Warek II UIN Alauddin Makassar, pada hari Jumat 25 Agustus 2017 diadakan rapat penyamaan persepsi mengenai bobot yang ditetapkan untuk jabatan Warek, Dekan, dan Biro. Melalui rapat tersebut para pimpinan berdiskusi mengenai capaian IKU apa saja yang dianggap penting dan berapa bobot yang harus diberikan. Selanjutnya pada Triwulan III ini, tim IKU akan kembali melakukan evaluasi terhadap capaian kinerja pimpinan dengan menggunakan kontrak IKU yang telah digabungkan antara PK BLU dan Dirjen Pendis.

1DSCF5827 1DSCF5828 1DSCF5836 1DSCF5844 1DSCF5845 1DSCF5848 1DSCF5849 1DSCF5857

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *