PELATIHAN INTERNAL MANAGEMENT & SOFT SKILL SPI UIN ALAUDDIN MAKASSAR

PELATIHAN INTERNAL MANAGEMENT & SOFT SKILL SPI UIN ALAUDDIN MAKASSAR

PELATIHAN INTERNAL MANAGEMENT & SOFT SKILL SPI UIN ALAUDDIN MAKASSAR

*Suhartono

 PENDAHULUAN

Latar Belakang

Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan salah satu hal yang penting bagi suatu negara agar bisa menjadi negara yang maju, kuat, makmur dan sejahtera. Upaya peningkatan kualitas SDM tidak bisa terpisah dengan masalah pendidikan bangsa. Kualitas SDM merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan produktivitas kinerja suatu organisasi atau instansi. Oleh karena itu, diperlukan SDM yang mempunyai kompetensi tinggi karena keahlian atau kompetensi agar dapat mendukung peningkatan prestasi kinerja pegawai.

Dalam menjalankan tugas dan fungsi sehari-hari dengan baik, setiap pegawai tidak bisa hanya mengandalkan pengalaman yang didapatkannya saja, tapi juga perlu peningkatan pemahaman melalui berbagai diskusi dan pelatihan bersama para ahli maupun bersama lingkungan internalnya, sebab setiap perkembangan kasus harus didasari oleh pengetahuan yang memadai sehingga tugas dan fungsi sehari-hari dapat terlaksana dengan baik dan tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai.

SPI UIN Alauddin merupakan unit independen dalam lingkup UIN Alauddin Makassar yang memiliki tugas untuk memastikan setiap aktivitas khususnya yang berkaitan dengan keuangan berjalan sesuai koridor aturan yang berlaku. Dengan dasar tersebut, SPI UIN Alauddin Makassar terus melakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman yang relevan dengan kondisi kerja yang dihadapi oleh para auditornya. Dilakukan dengan mengadakan pelatihan untuk seluruh tim auditor SPI. Dengan demikian, diharapkan pemahaman dan pengetahuan teknis auditor SPI dapat mengalami peningkatan dengan mengikuti pelatihan dan sharing knowledge dengan narasumber yang kompeten dalam bidangnya.

Dasar Hukum

  1. Undang-undang RI. Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara;
  2. Undang-Undang RI Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara;
  3. Keputusan Presiden RI Nomor 42 Tahun 2002 tentang Pedoman Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara;
  4. Keputusan Menteri Agama RI Nomor 7 Tahun 2006 tentang Pengangkatan Kuasa Pengguna Anggaran di lingkungan Kementrian Agama;
  5. Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 134/PMK/06/2005 tentang Pedoman Pembayaran dalam Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara;
  6. Peraturan Menteri Agama RI Nomor 2 Tahun 2006 tentang Mekanisme Pelaksanaan Pembayaran atas Beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara di lingkungan Kementrian Agama;
  7. Keputusan Menteri Agama RI. Nomor 5 Tahun 2006 tentang organisasi dan Tata Kerja UIN Alauddin Makassar.

Maksud dan Tujuan

Maksud diadakannya kegiatan Pelatihan Internal ini adalah untuk  meningkatkan kompetensi dan kemampuan sumber daya manusia dalam melakukan pengawasan dan pengendalian internal di lingkup UIN Alauddin Makassar. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan pemahaman mengenai apa saja yang perlu dipersiapkan tim dalam menghadapi kegiatan-kegiatan di Tahun 2017.
  2. Peserta akan dilatih untuk mengetahui tata cara pelaksanaan audit internal yang efektif.
  3. Meningkatkan pengetahuan terkait dasar-dasar kompensi yang wajib dimiliki oleh seorang internal auditor.
  4. Peserta mampu merencanakan, membuat, dan mengevaluasi internal audit dalam rangka menjaga keefektifan dan pengembangan sistem manajemen mutu yang telah diterapkan.
  5. Peserta akan mendapatkan tips dan trik untuk menjadi internal auditor yang handal dan mampu menganalisa hasil temuan audit internal/eksternal, serta mampu melakukan closing dan evaluasi hasil temuan audit untuk perkembangan organisasi.

Kegiatan yang Telah dilaksanakan

Kegiatan ini bertema Pelatihan Internal Management & Soft Skill SPI UIN Alauddin Makassar yang telah dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 4 dan 5 februari tahun 2017 bertempat di Wisata Pantai Galesong Kabupaten Takalar.

Faktor yang Mempengaruhi

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kegiatan pelatihan ini antara lain:

  1. Semangat dan antusiasme peserta yang tinggi.
  2. Materi pelatihan yang sesuai dengan tema kegiatan.
  3. Lokasi dan fasilitas kegiatan yang kondusif.

 Hasil Pelaksanaan Kegiatan (Output)

Output dari kegiatan pelatihan ini, diantaranya: meningkatnya pengetahuan dan keterampilan setiap anggota tim dalam penguasaan materi berkaitan dengan tugas harian dan melatih kemampuan menyampaikan pokok pikiran dan materi pembahasan kepada audiens. Selain itu output dari kegiatan ini menghasilkan rancangan Program Kerja SPI tahun 2018.

Hambatan yang Dihadapi

Tidak terdapat hambatan pada kegiatan pelatihan ini

Hal Lain yang Perlu Dilaporkan

Kegiatan ini merupakan Pelatihan Internal Management & Soft Skill SPI UIN Alauddin Makassar yang telah dilaksanakan selama 2 hari yaitu hari sabtu-minggu pada tanggal 4 dan 5 februari tahun 2017 yang bertempat di Wisata Pantai Galesong Kabupaten Takalar. Kegiatan ini melibatkan Anggota SPI sebanyak 11 orang dan beberapa anggota yang menjadi narasumber pada pelatihan ini. Diharapkkan setelah pelaksanaan pelatihan ini pengetahuan, pemahaman dan keterampilan pada anggota SPI UIN Alauddin Makassar dapat meningkat dan diimplementasikan dalam tugas pekerjaan kaitanya dengan pemeriksaan internal pada UIN Alauddin Makassar

KESIMPULAN DAN SARAN

Kegiatan Pelatihan Internal Management dan Soft Skill SPI UIN Alauddin Makassar telah dilaksanakan dengan baik dan sebagaimana mestinya. Semoga kegiatan pelatihan internal ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan. Selain itu, keterlibatan pimpinan sangat diperlukan dalam kegiatan ini, karena banyak kegiatan teknis yang memerlukan kebijakan pimpinan.

PENUTUP

Demikianlah laporan kegiatan ini dibuat sebagaimana mestinya dan diharapkan kegiatan pelatihan ini dapat memberikan manfaat kepada anggota Satuan Pemeriksa Internal (SPI) dalam melaksanakan pekerjaan sebagai pemeriksa Internal UIN Alauddin Makassar. Ucapan terima kasih kepada panitia dan para peserta kegiatan pelatihan sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.

LAMPIRAN BUKTI PELAKSANAAN KEGIATAN:

SK Kegiatan, Absen, Contoh Undangan

MATERI KEGIATAN:

AUDIT-SDM-SYAMAudit-Sumber-Daya-Manusia_amri1FRAUDParadigma_Baru_Internal_AuditorREVIU LK PTNTOT-4FEB

DOKUMENTASI KEGIATAN:

1 2 3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *