Sosialisasi Buku Pedoman Pajak

Sosialisasi Buku Pedoman Pajak

Kamis, tanggal 8 Januari 2015 SPI UIN Alauddin mengundang para PUMK (Pemegang Uang Muka Kegiatan) di tiap fakultas dan para pemegang kas unit-unit kerja di lingkup UIN Alauddin Makassar. Kegiatan ini menyangkut evaluasi pelaporan keuangan tahun 2014 dirangkaikan dengan pembagian buku ‘Panduan Perpajakan Bendahara Pemerintah’ yang disusun oleh tim SPI kepada para PUMK dan pemegang kas UIN Alauddin Makassar. Kegiatan ini bertempat di Ruang Kerja SPI, Gedung Rektorat Lantai 2 UIN Alauddin Makassar dan dibuka oleh Kepala Biro Administrasi, Umum, Perencanaan, dan Keuangan UIN Alauddin Makassar, Bapak Drs. H. Mukhlis Latif, M.Si. Dalam sambutan pembukaannya, beliau menegaskan kepada para PUMK agar terus berupaya meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan dan turut berperan membantu SPI dalam menciptakan efektifitas pengendalian internal.

Lebih lanjut dalam sambutannya, Kepala Biro mengingatkan bahwa PUMK di fakultas harus memiliki independensi dan tidak boleh ada intervensi dari fakultas. Kepala Biro juga dengan tegas mengingatkan kembali alur koordinasi PUMK adalah dengan Biro Administrasi, Umum, Perencanaan, dan Keuangan, bukan dengan Dekan Fakultas. Untuk itu, ke depannya para PUMK akan lebih baik berkantor di rektorat dan disediakan satu ruangan bersama sehingga dapat memudahkan koordinasi dengan Biro, dan memudahkan konsultasi dengan SPI. “Kami akan berusaha menyediakan ruangan tersebut,” demikian penyampaian Kepala Biro. Selain itu, Kepala Biro mengharapkan adanya komitmen dari semua pihak, termasuk para PUMK, dalam menjalankan semua aturan-aturan pengelolaan keuangan, sehingga sistem dan tata kelola keuangan yang tertib dan akuntabel dapat diwujudkan. Kepala Biro mencontohkan komitmen tersebut, misalnya pembuatan Buku Kas Umum (BKU).

Kepala Biro dalam acara tersebut, sekaligus juga menyerahkkan secara simbolis buku ‘Panduan Perpajakan Bendahara Pemerintah’ kepada bapak H. Haruna, pemegang kas Kopertais Wil. VIII.  Buku panduan ini disusun sebagai respon atas temuan dan hasil evaluasi tim audit SPI terhadap kegiatan-kegiatan fakultas dan unit-unit kerja di lingkup UIN Alauddin Makassar untuk tahun anggaran 2014.

Dalam pertemuan ini, juga dilakukan evaluasi terhadap pelaporan keuangan atas kegiatan-kegiatan selama tahun 2014. Secara umum, tim SPI menguraikan beberapa kesalahan-kesalahan yang ditemukan dalam pelaporan tersebut. Kesalahan-kesalahan tersebut antara lain terkait dengan perpajakan, seperti penetapan tariff biaya pajak atas kegiatan, jenis-jenis pajak (PPh 21, PPh 22, PPh 23, PPN, PPh pasal 4 ayat 2) yang dikenakan atas kegiatan tersebut, serta pengkodean akun pajak yang tidak sesuai.

DOKUMENTASI KEGIATAN

DSC00995 DSC00998 DSC01001 DSC01014

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *